pasopati project

2022

Bela Satwa Project

Mengungkap Praktik Kejahatan Satwa di Indonesia

Mendorong hadirnya liputan media dan kolaborasi pengungkapan kejahatan terhadap satwa di Indonesia. Selain hibah liputan, program juga dilengkapi dengan lokakarya jurnalistik. Terhadap fellow yang lolos, akan didampingi oleh mentor-mentor berpengalaman sehingga karya dan liputan diharapkan lebih tajam dan terarah.

2021

PASOPATI FELLOWSHIP DI TANAH PAPUA:

Deforestasi dan Kejahatan SDA

Eksistensi media merupakan salah satu kebutuhan bagi demokratisasi pengelolaan SDA di Tanah Papua. Karena itu, Auriga Nusantara menyelenggarakan serangkaian kegiatan terkait di pulau ini, mulai dari pemetaan media, training needs assessment-nya, serangkaian pelatihan, hingga fellowship terhadap enam liputan terpilih.

2020 - 2021

PASOPATI JOURNALISM FELLOWSHIP:

Hijaukan Program Pembangunan

Pada 29 Mei 2020 Pemerintah mengumumkan 89 Proyek Strategis Nasional (PSN) senilai Rp 1.422 triliun. Tak berselang lama, Pemerintah menerbitkan kebijakan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) senilai Rp 641,17 triliun. Minimnya konsultasi publik perencanaannya menjadi alasan kekhawatiran dampak lingkungannya. Fellowship ini diinisiasi sebagai upaya menjembataninya.

Pasopati Project dirancang sebagai sebuah situs yang menampilkan informasi, data, dan analisis isu-isu kehutanan, persawitan, dan pertambangan. Situs ini fokus menyampaikan suara kritis pada tema-tema tersebut di atas, termasuk mengenai pelakunya dan kebijakan-kebijakan terkait.

Pasopati Project didedikasikan untuk mencapai salah satu tujuan Auriga, yakni mengeliminir aksi-aksi destruktif terhadap sumberdaya alam.

Situs ini dikelola oleh Auriga. Namun demikian ekspose-ekspose tertentu dalam situs ini dilakukan bersama jejaring.

© AURIGA NUSANTARA. ALL RIGHT RESERVED.